Beranda | Artikel
Shalat Gerhana Matahari dan Bulan - Kitab Bulughul Maram (Ustadz Zainal Abidin Syamsudin, Lc.)
Rabu, 8 Oktober 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Zainal Abidin Syamsudin

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Zainal Abidin Syamsudin

[sc:status-syarah-bulughul-maram-ustadz-zainal-abidin-2013]

Ringkasan Ceramah – Kajian Kitab Bulughul Maram: Shalat Gerhana Matahari dan Bulan (بَابُ صَلَاةِ اَلْكُسُوفِ)

Pada kesempatan kali ini, kita angkat shalat al-kusuf, yaitu tata cara shalat Nabi seputar gerhana matahari dan bulan yang diangkat dari hadits nomor 502.

Dari Syu’bah bin Mughirah radhiyallahu ‘anhu:

اِنْكَسَفَتِ اَلشَّمْسُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اَللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ مَاتَ إِبْرَاهِيمُ, فَقَالَ اَلنَّاسُ: اِنْكَسَفَتِ اَلشَّمْسُ لِمَوْتِ إِبْرَاهِيمَ, فَقَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ اَلشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اَللَّهِ لَا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ, فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا, فَادْعُوا اَللَّهَ وَصَلُّوا, حَتَّى تَنْكَشِفَ (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ)
وَفِي رِوَايَةٍ لِلْبُخَارِيِّ: حَتَّى تَنْجَلِىَ

Mari simak pembahasan hadits-hadits terkait shalat gerhana yang diambil dari kitab Bulughul Maram, agar semakin kita ketahui dengan shahih akan Islam dan Sunnah ini.

Download Kajian Kitab Bulughul Maram: Shalat Gerhana Matahari dan Bulan

Ayo share ke Facebook, Twitter, dan Google+, insya Allah akan bermanfaat bagi Muslimin dan berpahala sebagai amal shalih kita, Aamiin.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/8622-shalat-gerhana-matahari-dan-bulan-kitab-bulughul-maram-ustadz-zainal-abidin-syamsudin-lc/